Pilih Kasih

Dimana-mana, apapun alasannya, yang namanya pilih kasih itu gak baik dan tentu saja gak enak. Ketika ada puluhan buku tetapi hanya terdapat beberapa kardus (dan tentu saja duit), maka dada ini pun terasa sesak...

Bagaimana caranya menjelaskan kepada anak umur 4 tahun bahwa buku ini dan ini dan itu juga itu tidak bisa ikut kita kirim ke kampung halaman?
Bagaimana caranya menjelaskan kepada ibu-ibu umur sedikit diatas 17 tahun bahwa dia harus merelakan buku ini dan ini dan itu juga itu tetap tidak bisa masuk kardus dan dikirim ke kampung?
Bagaimana caranya menjelaskan kepada bapak-bapak umur jauh diatas 18 tahun bahwa di kampung halaman dia tidak akan bisa melihat barang elektronik yang itu dan itu dan itu dan tentu saja yang itu?

Atau tak usah saja ada pilih kasih?
Ini bisa jadi pilihan kah? *mikir sambil pencet-pencet jerawat*

illustration by corbis


Once, a dear friend asked me.
"How do you define SOULMATE?"

I stopped my walking and stunned.
I had never thought about soulmate in my entire life.

Suddenly an image flashed.
A knight in a shining armor riding a white horse.
He was handsome, of course.
Or else, he wouldn't matter.
I believed I had a tranced version of Snow White and that handsome Prince.
Instead, I saw a face of a man with his old Bebek motorbike.

I answered,
"somebody that clicks?"
My friend was disappointed.
I was afraid she actually hoped for my enlightenment.
But, who was I to give her enlightenment?
And to explain to her about the Zen of Soulmate?!
I never had succeded in figuring out the wisdom of Pooh Bear.

She didn't give up.
"But, you must know," she said.
"You've been in the relationship for so long."

"Like Barbie and Ken?"
I offered an answer.
And silently crossed my fingers.
She made that face.
I failed.

Another friend lent me the Notebook
finally... sigh...
I finished reading and suddenly felt ecstatic.
'This must be the answer of that Soulmate-definition thing!'

"Our souls were one, if you must know
and never shall they be apart;
With splendid dawn, your face aglow,
I reach for you and find my heart."
-Nicholas Sparks: the Notebook-

I turned on my PC and planned to Buzz.
That dear old friend must be very elated.
Years passed, still I remember her question.
I stopped.
Something started to ring.

Not the phone!
It's in my head!

A picture of US was staring at me from the computer screen.
The same face was smiling to me.
Although now, without his old Bebek motorbike.

He is not a knight in a shining armor.
He doesn't have a horse.
So, don't even ask me about the color.
He is not the prince in Cinderella story.
Nor Ken, in Barbie.
He is not Noah Calhoun,
who is haunted by
images of the beautiful girl he met fourteen years earlier,
a girl he loved like no other*
And I,
absolutely am NOT Allie Nelson, the haunting girl.

The Noah-and-Allie story is so sweet.
Too sweet that it made my teeth ached.
Like an ultra sweet candy that
when you taste it
you will run for a bitter cup of tea.

My love story perhaps
is more like a bitter cup of tea.
Sweetened by sugar.
I also like to stir my tea
And put more sugar than I should have.
But, here, I found the Zen
of my love story.
"A bitter cup of tea is better for health."

how do I define SOULMATE?
I must say...
and believe me I'm thinking hard
... it is another soul
that you DECIDE
to be YOUR soulMATE.

*excerpt taken from here and illustration taken from here.



Lagi asyik ngemut selimut sambil nonton adegan munculnya muka hantu-hantu anak sekolah SD yang mati karena sekolahnya tersapu tsunami, telpon berbunyi. "Setan!"
Maksudnya, gue bener-bener kaget karena lihat film setan itu. Gue bukannya lagi mengumpat :D.

Summer vacation ini tivi-tivi berisi program-program hantu alias obake. Gak tau apakah hantu Jepun ini munculnya pas summer or what. Hampir semua film isinya hantu. Daannn... semua film-film itu film untuk anak-anak loh. Pemainnya anak-anak, hantunya juga hantu anak-anak penasaran. Bahkan anime-anime juga isinya hantu. Baru saja kita selesai nonton Doraemon yang bertema hantu juga :-?. Tapi terus terang, hantu klasik versi Jepun bener-bener gak nakutin. Ada binatang jadi-jadian, ada nenek-nenek berambut panjang yang putih semua, ada seprai terbang, ada perempuan berambut panjang yang lehernya bisa memanjang macam ular, ada perempuan berambut panjang (juga) memakai kimono dengan muka pucat dan mata putih semua.... ngomong-ngomong kok setannya perempuan semua? Kalau mau lihat gambar-gambar obake cek disini ajah. Lucu-lucu lah. Wong, Hikari aja bilang, "Obake, omoshiroii." (ghost is interesting). Sekarang gue lagi cekikikan ngebayangin kalau setan-setan pecicilan di Indonesia di-anime-kan. Apa bisa jadi konsumsi anak kecil itu? Tuyul, genderuwo, kuntilanak (eh, sama ya?), mak lampir, kolor ijo, jin bertaring... gak ada lucu-lucunya /:).

PS: jangan samain hantu klasik Jepun ini dengan hantu-hantu modern di film-film horor Jepun macem the Ring atau the Grudge yah! Itu sih.... hiiiiiiiiiiii........ 8-X

PS lagi: gak jadi pengen punya rambut panjang lurus terurai ah.... Tanpa rambut panjang itu aja gue udah sering teriak kaget ngeliat muka sendiri di depan kaca :-SS.

Iro Iro Aru Aru

A week without a computer, already my head was full of voices. I call them ideas, me-gut-fren Mickey call them first signs toward schizophrenia... :-?.
"I need to write. I'm hearing voices again."
"Then write."
"I don't have a computer."
"That's ironic (he made it sound like pathetic). Most people don't have the net."

It is indeed ironic. To Er, In, Ra, another Ra, Dy, Nu, and Je, your emails were safe in the computer. The computer was safe with Papap who was in Hokkaido. Yeah, he was gone only for awhile, but I missed him terribly and the computer. I was luckier, of course, because he missed his son's fourth birthday. Now that he is here again, I wrote this post especially to answer your emails...

First, I am fine, thank you, though the weather is a bit irritating. It's been raining the whole two weeks and on some days the rain didn't stop at all. And they say it is summer. The rain has caused a lot of damage. More damage than last year's flood. This time more people died, more houses are ruined, more victims are without homes. I'm not sure how Japan learns from this. I haven't heard the learning thing from TV. Honestly, though, I kind of expecting it was an ice-rain again like what we had before. It was fun to see, but I heard the wavy-next-to-curly univesity bus driver said, "Abunai yo! Sonna ame da!" (bahaya, tau!) :P

And yes, it is summer in Japan. And another yes, it is HOT, although for some unknown reasons (except it feels nicer) I still enjoy a hot bath. Pencerahan plisss?

Next, Honjo just held a summer festival. This will be our last Natsu Matsuri in Honjo. Sad, to think about that, but on that day we had great fun. While Papap was busy taking pictures for his blog, Hikari was busy pointing his index finger to the crowd and shouting, "Mamaaa! Mite! OSHIRI da!" (Liat, Mak, ada pantat!). There! Some people thought it was funny, some hundred others didn't think so.
"Please, God, make me blend."
"I can't. What will I make of you? A caffee-latte?"
Next thing I know I encouraged Papap to take pictures of more butts... Yiiiihaaa... we were butt hunting.

Then, you guys asked me if I had some parties? Well, sort of. We were invited here and there, to visit this and that. We visited Sanden factory in the neighboring town. Don't imagine a conventional factory we had back home. This factory's compound is vast and surrounded by forest. If it was not for the rain, we would go hiking around the forest to find some beetles. These beetles -people here call them Kabutomushi- are very famous as pets as well as anime characters. That's why the children who joined the trip expected to find some if it was not for the rain. Hikari got one, though. The host captured some beetles and gave them to Hikari and other children. Oh, do you know that Indonesian beetles are more famous here and also more expensive? I could get rich just by selling those beetles...
And then Papap returned to his favorite pastime: cooking. We got some fresh jengkol from a friend a few days back. Papap urged me to find the recipe for Semur Jengkol. I agreed with one condition: I didn't want to have anything to do with that jengkol. The smell of it can give me a morning sickness! So, that day, after studying the recipe thoroughly, Papap indeed made Semur Jengkol successfully. Fortunately, the other Indonesians love that smelly thing so that Papap could have a party with them. Or else, he would be a drunken jengkol eater 8-}. I, on the other hand, am still a modest cook (and still don't enjoy cooking). I tried to make Gobo Tempura but failed. Gobo is a kind of vegetable root. It tastes yummy when fried as tempura. Then, a friend of mine invited me and some friends to her house. She taught us to make Miso soup, Inarizushi, and Onigiri roll. They are deliciiiiiiioooouuuuuusss =. *For those who question the food I eat, let me just tell you that you can still eat things and be safe.* Look at my inarizushi! The outer is a fried tofu seasoned with Japanese sauce (shoyu) and the inside is rice seasoned with vinegar and salt. Sluurrrpp... Email me for the recipe hehehe... :P But, wait! I didn't stop there. My Bangladeshi friend taught me how to make Lachcha Shemai, a kind of porridge milk. The milk is boiled with sugar and some spices, and then shemai (a very small noodle-like thingy) is put into the milk. Another slurrrppp...
There are still many other parties and get together. It seems like everyone here really needs one :O). Or may be the dormitory needs a bit of a cheer-up. Next get-together that we will attend -and we openly look forward to- is a hanabi, watching the firework. In Japan, it's the time for hanabi already. Wanna join us :D/?

Okay, that's the latest news for you, guys. I'm sorry I answered all your emails like this. It's more fun (for me), and it spares me from writing the same thing for many emails :D. Ya, ya, I know I need a pinch for that. Hug me instead?
Now, I've got to go. This whole party thing delayed me from packing. What? I'll be right over there at the end of September. Hopefully. Okay?

Dear God

Dear God,

Today, I have a request.
I know (really) that everyday you always hear me
pray for you, ask for this, and that
as if I were not a man of things already.
But, today,
today is different.

You see, today is my son's fourth birthday.
I'm sure you remember that.
But I cannot give him things.
For I don't know what kind of present gives him heaven.
So, I'm thinking
may be
I can ask You
to lend me the wind, the leaves of every tree, the grass, the sea, the ocean, the water, the rain, the wood, the air...
I will need the leaves of every tree to write all my prayers
for all the papers I have is no longer have space.
I will also need the grass
for I am afraid the leaves will soon no longer be enough.
I will need the sea, the ocean, the rain, all of the water I can think of
to make the ink for my pen
and I will need the wood to make me a pen that will not break.
And I will need the air to fill my lung
as I write my prayers for my son.
And the wind...
if You lend me the wind
the wind will carry those prayers to you.

... then may be...
when You see the wind bringing my prayers.
You will give my son his birthday's present.
For I wish nothing else but
Your love
as his present.

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Hikari, thank you for teaching me about love and life.


I just learned about the quake and the tsunami in Pangandaran. Another disaster? Another shock. My condolences to the victims, to their families, to the people, to my country...
And then the NHK 9 0'clock (PM) English news program covered the disaster. I learned from the news that 400 people died, hundred are still missing. I also learned from the news that there actually was a 40-minute gap between the quake and the tsunami. Yet, there was no warning. That warning, just like one hotel manager in Pangandaran said, could save more lives. Like a slap on my face, the NHK narration said something like, "recently Indonesia has been hit by tsunami and earthquakes. But it seems like Indonesia doesn't learn its lesson."

Here I am shocked by the news. Here I am gaped by the comment. What can I say?

To all of you affected by the disaster, I pray that you are given strength. Strength to face life, to bear the pain and burden, to carry on. My words may mean nothing to you. Still... I pray you strength. May God help you...

"Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh)." -QS. Ali Imran: 146-

Senul dan Sendral. Buat kalian.

Senul dan Sendral itu nama panggilan saya terhadap dua adik laki-laki saya. Tentu saja, nama asli mereka indah dan menawan tapi kurang afdol kalo dipakai untuk maen kata-kataan. Jangan juga ditanya nama panggilan mereka buat saya...
Senul, Sendral, dan saya, berbeda usia pas dua tahun. Jadi, kalau saya sekarang berusia 17, maka si Senul 15, dan si Sendral 13 tahun. Loooh, kan tadi sudah saya sebut kalau... Ulang tahun kami berdekatan, hanya selang seminggu masing-masing. Kalau penghujung bulan Februari dan awal bulan Maret tiba bergantianlah kami berulang tahun. Hal ini, tentu saja, membuat ibu kami (terutama) bangkrut total. Kami tidak pernah minta dipesta-ulangtahunkan, tapiiii... karena kantong kami selalu tipis, tiap kali ada teman yang minta traktir, kami selalu suruh mereka untuk datang saja ke rumah. Kalau mereka datang ke rumah kan yang nraktir otomatis yang empunya rumah, alias ibu kami itu.

Diantara kami bertiga, si Senul mempunyai otak paling encer. IQ-nya tinggi. Gak pernah belajar tapi gak pernah DO juga. Cumaaa... kelakuannya paling tengil. Sedari kecil sampe setua ini tengilnya gak hilang-hilang. Doyan main dan hang-out-nya juga gak luntur-luntur sehingga temannya sejibun -dari tukang parkir sampai bos yang punya tempat parkir. Gayanya sih kalem, ketawa-tawa melulu, bercanda-bercindi sesuka hati, ringan tangan, murah senyum, dan royal. Tapi, jangan coba-coba nyolek dia sedikit. Walaupun badannya kurus kering, dia bakal jabanin berantem sama gorilla sekalipun. Pernah sekali, saya sedang menunggu dia menjemput saya di pinggir jalan. Lalu ada dua laki-laki jahil yang ngangguin. Akibatnya posisi menunggu saya pun bergeser terus menjauh. Ketika si Senul datang menjemput, dengan kesal saya ceritakan kejahilan dua orang preman itu. Ya ampun, dia langsung turun dari mobil dan nantangin preman-preman itu! Sejak itu, saya milih ngajak berantem si preman sendiri, daripada minta tulung sama si Senul itu. Lebih ngeri liat dia petentengan dari pada lihat preman petentengan.
Si Senul penggemarnya banyak. Padahal dia (dulu) jarang mandi, berambut gondrong, dan tukang tidur. Tetep aja cewek-cewek pada dateng ke rumah atau menelpon tak henti-henti. Saya baru tau kalau idola cewek tahun akhir 90-an itu cowok-cowok yang bau, gondrong, dan ileran. Kalau ada cewek yang datang ke rumah dan ngajak dia pergi, si Senul akan pergi dengan berbekal cuci muka saja, ganti baju, dan nyemprotin minyak wangi -kadang punya saya, kadang punya ibu saya. Tapi herannya cewek-cewek itu ya teteeepp aja datang...

Kebalikan dengan si Senul, adik bungsu saya si Sendral lebih kalem lagi bawaannya, sekaligus lebih kolokan karena merasa punya hak sebagai anak bungsu. Badannya paling tinggi dan paling besar. Penuh otot pula akibat rajin fitness. Dia ini yang paling riweh sama penampilan. Dia selalu wangi, selalu fashionable, dan selalu sadar kesehatan. Penampilan saya yang penuh jerawat dan slebor ini kalah jauh dengan dia. Dengar-dengar sih dia pernah ditawari jadi model. Tapi saya juga gak jelas model produk apa. Kata Senul bisa jadi model produk obat nyamuk. Dapat peran yang disemprotin obat nyamuk ke mukanya... Sendral ini paling rajin dan paling hemat. Dengan duit jajan bulanan yang sama, uang saya habis bis tanpa sisa dalam sebulan, uang Senul sudah habis dalam jangka waktu 10 hari, tapi uang Sendral bisa dipakai untuk jajan 2 bulan! Dia juga paling cerdik seperti kancil. Kalau saya tipe yang gak bisa nabung, si Senul tipe yang ngutang melulu, maka Sendral tipe yang bisa jadi rentenir. Hitung-hitungannya cermat dan gak mau rugi. Herannya, kita mau aja dibujuk rayu dia. Penggemarnya juga banyak, tapi hanya sebatas nelpon. Jarang ada yang main ke rumah. Atau kalaupun ada, langsung dibawa pergi jauh-jauh dari rumah. Soalnya dia paling gak bisa nyembunyiin rasa tengsinnya kalo kita ledek.

Akibat dua laki-laki itu, telpon rumah saya selalu berdering dari cewek-cewek. Kalau ibu saya yang angkat, suara cewek-cewek itu jadi super sopan. Kalau pembantu saya yang angkat, suara mereka jadi sok akrab. Kalau saya yang angkat, mereka langsung tutup telpon. Kalau bapak saya yang angkat...
si Papih: halo? (dengan suara berat)
cewek: halo, Mat! (salah sangka. Si Papih disangka adik saya)
P: ya? (dijabanin sama si Papih secara nama mereka bertiga sama)
cewek: lagi ngapain lu? (tetap tidak curiga karena suara mereka juga sama)
P: lagi nelpon.
cewek: hihihihi...
P: kok ketawa?
cewek: rese lu, Mat.
P: memang mau bicara dengan Mamat yang mana?
si cewek diam sejenak: ini Senul Mamat kaaannn? (merajuk)
P: bukan lah.
cewek: oooohhh..... Sendral Mamat ya?
P: bukan juga tuh.
cewek: siapa dong kalow begitcuu?
P: si Mamat yang bapaknya Mamat dan Mamat.

Dua adik saya itu, Senul dan Sendral, sudah 2 tahun tidak saya lihat. Si Sendral malah minggu lalu sudah berangkat mencari sesuap nasi dan segenggam berlian di satu kota di Italia yang saya tak bisa sebut namanya (karena susah nyebutnya!). Dia akan tinggal disana entah sampai kapan dan kami tak tahu apakah kami bisa pergi mengunjungi dia. Si Senul saat ini sedang bersiap-siap untuk berangkat dengan misi yang sama: mencari sesuap nasi dan secuil berlian juga di tempat yang jauh. Tinggal lah orang tua saya berdua-duaan saling memandang di rumah sana, sambil bolak-balik bertanya kapan Hikari pulang. Hikari, catet.
Begitu mendengar rencana kepergian mereka, saya mendadak kangen. Kapan lagi bisa ribut sama mereka? Ya, kalau bertemu kami lebih sering ribut dan main cela-celaan. Kadang malah diam-diaman tanpa bicara. Atau kalau lagi berantem, ya ngotot-ngototan. Tapi adik-adik saya itu penggemar Hikari nomor satu. Walaupun kegantengan mereka dikalahkan Hikari, mereka tetap setia dikerjain Hikari. Mereka juga setia jadi supir saya kemana-mana. Jadi bodyguard saya juga, jadi tempat sampah saya kalau saya makan gak abis, jadi tembok buat ngadepin telpon-telpon yang tak diinginkan, jadi tempat saya minjem duit (Sendral) atau minta duit (Senul), jadi korban disuruh-suruh... weleh... saya kok jadi melankolis begini?

Ya sudahlah, Nul, Ndral, selamat jalan, semoga sukses. Kalau berlian sudah digengam, jangan lupa pulkam nengok keponakan. Walopun rasanya mah susah buat gue ngedapetin berlian supaya bisa nengok kalian, doakan saja kuat-kuat. Nothing is impossible kan?
Jangan tinggalin sholat dan dzikir. Bukan cuma digetok Babe aja, bisa digetok sama nyang atas, ntar!
Kalau ketemu cewek, cari yang sholehah ya. Cantik, boleh. Pintar, tentu. Tapi sholehah, harus. Okeh?
Atauuuu.... ada yang mau sama adik saya?

*picture: foto Papap, Hikari dan si Sendral sedang menikmati salju di Nakazato ski-jo. Waktu itu Sendral ikut mengantar saya dan Hikari ke Jepang. Foto Senul, saya tak punya karena sesaat sebelum kami berangkat, Senul pun sedang dinas di luar kota.

Filsafat Enam Enam

MiatheRidho yang memberikan tag ini bilang kalau lebih mudah mencari 6 hal yang menggembirakan daripada mencari 6 hal yang menyedihkan. Saya setuju. Sewaktu mengingat-ingat hal yang menyedihkan, saya disanggah diri sendiri. Lah, masa' yang begitu dibilang menyedihkan? Lah, begitu aja sih gak ada susah-susahnya! dsb dsb... Tapi begitu mengingat hal yang menyenangkan... wuiihh... kok lebih dari 6 ya? Kalo 12-12nya menyenangkan semua gak boleh ya? Saya mulai dari yang menyedihkan dulu aja deh kan katanya bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian...

catatan: saking panjangnya postingan ini, anda bisa membacanya selama 7 hari dalam seminggu.

Enam Menyedihkan
1> Melahirkan Hikari
Saya bukan hendak mengatakan saya menyesal melahirkan anak saya semata wayang itu. Astagfirullah! Yang menyedihkan buat saya adalah proses kelahirannya. Setelah mengalami 9 bulan easy pregnancy, cobaan yang saya alami dimulai ketika saat-saat melahirkan dimulai. Saya mengalami pendarahan dengan bukaan satu yang tidak bertambah-tambah. Itu terjadi selama seminggu: bukaan tetap satu, flek dan konstraksi ringan. Pada pemeriksaan dokter tiga hari sebelum jadwal operasi ceasar (yang harus dilakukan bila bukaan saya tidak bertambah), dokter menemukan bahwa bukaan saya sudah 4 dan terus bertambah. Dokter pun tidak memperbolehkan saya pulang. Tapi ternyata proses bukaan berhenti di 8. Oleh dokter saya diberikan suntikan induksi sebanyak 2 ampul. Suntikan pertama membuat konstraksi menggila dan denyut jantung saya tak beraturan, suntikan kedua membuat saya hampir kehilangan kesadaran. Dokter yang melihat saya hampir pingsan tapi bukaan berhenti di 8 mengambil keputusan untuk memvakum si bayi. Dibantu 3 suster yang menekan perut saya dari atas, si dokter memvakum kepala bayi mulai dari vakum ringan sampai berat. Tiga kali alat vakum itu lepas dari kepala bayi. Entah berapa jam proses itu, saya sudah diawang-awang. Ketika adzan Maghrib terdengar, samar-samar saya bicara kepada si bayi kalau adzan sudah terdengar. Tiba-tiba bayi pun meluncur keluar. Alhamdulillah. Tangis bayi terdengar lemah, dokter anak langsung mengambil alih dia, saya tak boleh memegangnya. Sedetik saya berusaha menahan pingsan hanya untuk bertanya bagaimana kabar bayi saya. Ternyata bayi Hikari harus langsung masuk inkubator. Kepalanya luka. Dia tidak boleh diangkat, digendong, atau dikeluarkan dari inkubator. Papap pun hanya bisa melafalkan adzan dari balik dinding kaca inkubator dan saya tidak bisa menggendongnya sampai dua minggu kemudian... Saat itu saya benar-benar merasa gagal jadi ibu. Kok saya gak bisa melahirkan anak saya dengan baik. Sudah begitu, seorang kenalan yang menjenguk bisa-bisanya berkomentar begini, "Gak papa, Mbak, di vakum. Daripada di ceasar, sakitnya dan sembuhnya lebih lama." YA AMPUUNNN! Apa dipikirnya saya perduli kalau saya merasa sakit atau gak?! Ini bayi saya luka-luka!!! Saya gak perduli apa saya itu selamat atau tidak, asal bayi saya bisa selamat sehat dengan baik!

2> Hikari sakit-sakitan
Selain masalah pada kelahirannya, Hikari menjadi bayi yang sehat, gemuk, montok dan lincah sampai umur 3 bulan. Ketika ia mendapat imunisasi itu yang pertama, tiba-tiba dia jatuh sakit lebih dari normalnya: kepalanya hangat terus dan badanya mengurus. Umur 4 bulan dia harus dioperasi karena saluran kencingnya tersumbat. Badannya yang gemuk lama-lama mengurus, setiap bulan dia sakit-sakitan, dan napsu makannya yang banyak berhenti di umur 8 bulan ketika dia diare selama sebulan lebih (pas di hari ulang tahun saya).
Selama setahun, Hikari jadi langganan UGD dan RS. Kita sampai hilang akal mau mencari dokter yang mana lagi yang bisa menangani dia. Kita pernah dalam satu malam pergi ke 4 RS! Dan saya pernah melabrak seorang suster karena dia menyuruh saya mengantri nomer sementara Hikari demam sampai 40 derajat. Umur setahun, di dokter yang kesekian, baru ketahuan masalahnya: Hikari punya alergi bawaan, imun sistemnya jelek, dan dia ternyata alergi dengan salah satu bahan pada vaksin imunisasinya...

3> Papa dan Eyang Uti sakit
Waktu dengar Papa saya kena brain stroke, saya ada disini. Saya tidak bisa pulang, hanya bisa nangis sendirian. Lalu kemarin ini saya dapat kabar lagi kalau Eyang Uti saya, yang mengasuh saya waktu bayi, kena kanker rahim. Saya juga tidak bisa pulang selain berdoa banyak-banyak. Sambil berlinang air mata, tentunya.

4> Sahabat saya meninggal
Dulu saya punya sahabat yang sudah saya anggap abang sendiri. Suatu kali dia bikin salah dengan berkata sesuatu. Fatal sekali dan menyakitkan hati saya. Saking sedihnya, saya menghindar. Dia juga menghindar. Saya menikah pun dia tidak mau datang. Dia menikah dia sungkan mengundang saya. Suatu hari, saya dengar dari orang lain yang dengar dari orang lain kalau dia meninggal mendadak karena sakit jantung. Sampai sekarang saya tidak tahu dimana makamnya. Saya tidak sempat bilang kalau saya sudah memaafkan dia sejak dulu...

Ah, hanya segitu kesedihan-kesedihan saya. Selanjutnya yang senang-senang aja :D/.

Enam Menyenangkan
1> Papap lulus...
:D:D:D Setelah jungkir balik jumpalitan (terutama makan hati karena prof tercinta #:-S), kelulusan Papap merupakan hadiah paling indah buat ulang tahun Hikari sebentar lagi...

2> Tinggal di Jepang
Begini maksudnya: satu-satunya alasan saya mau ngikut Papap ke Jepang adalah untuk mencari pengobatan buat Hikari. Dengan meninggalkan Jakarta, saya meninggalkan 'jatidiri' saya dibelakang. Alhamdulillah, ternyata tanpa disangka, Hikari cocok dengan udara Honjo (Honjo loh ya, belum tentu dibagian Jepang yang lain dia cocok). Penyakitnya n alerginya hilang. Bahkan, makanan seafood yang dulu pernah bikin dia harus dilarikan ke UGD, sekarang bisa disantap setiap hari tanpa limit. Perawatan dokter disini hanya berlangsung tiga bulan pertama, itu juga hanya observasi. Sejak tiba sampai sekarang, baru kemarin itu Hikari kena sakit parah. Trus, sejak di sini, kita belajar hidup susah senang bertiga saja. Sakit, senang, sedih, capek, bahagia, masakan enak, masakan hangus, duit tipis, duit berlebih, semua dibawa ketawa bertiga tanpa ada intervensi pihak lain. Ternyata lebih nikmat rasanya.

3> Papap dapet scholarship

4> Lulus masuk FE
Yang ini bener-bener konyol. Secara saya itu lemah berhitung, eh ujiannya ada ngitungnya =. Trus pas pengumuman, saya yakin pasti gak bakal lulus. Jadilah saya berdua Papap pergi ke FE hanya untuk ngambil lembar pengumuman trus pulang lagi. Di jalan, saya baru ngintip lembar pengumuman itu dan taunya....... nomer saya tercantum. Alhasil si Papap (yang masih berstatus si Massayange) kudu muter mobil balik lagi sambil manyun-manyun karena saya harus segera daftar ulang. Tambah indah lagi, temen baik saya yang biasanya kalem jaim tiba-tiba ikut berkaca-kaca menyalami saya karena lolos tes itu.

5> Tulisan saya terbit
Dari tulisan pertama saya terbit sampai sekarang, setiap kali tulisan saya diterbitkan saya selalu senaaaaaaaannnnngggg :-*. Tak perduli berapa bayarannya atau dimana diterbitkan, saya selalu senang melihat tulisan saya diterbitkan.

6> Pacaran berdua sama si Papap, di bawah panasnya tenda biru pinggir jalan sambil makan soto betawi dan menyeruput dua botol teh botol dingin.

7> Loh nambah? :- Yaaa, karena sekolah itu menyenangkan.
Semua kenangan sekolah saya sungguh menyenangkan. Dari SD pas saya menang Kartinian, jadi ketua kelas selama 6 tahun, nekat kemping tanpa pembina, dll. Trus SMP, saya dikeluarin dari kelas tapi malah senang pesta-pesta, maen sama temen-temen cowok semua sampe dikecengin cewek laen, patah hati pertama kali, dsb. Lalu SMA, saya dikeluarin lagi dari kelas tapi langsung dipanggil masuk lagi karena saya malah ngegosip diluar, emak saya dipanggil ke sekolah karena saya ngotot-ngototan sama wali kelas, ngerayu ortu setiap detik supaya boleh naik gunung. Bahkan sampe kuliah pun teteeeep ajah saya senang-senang : : :.

Daftar senang-senang saya banyak sekali. Sepertinya setiap fase hidup saya, bisa membuat saya ngakak kalau mengingatnya kembali. Saya berhenti disini ajah deh. Semoga senangnya saya bisa membuat senang orang lain... kecuali guru saya kali ya :P. Tag ini diterusin ke Kenny aja deh.

My Way
Frank Sinatra

And now, the end is here
And so I face the final curtain
My friend, I'll say it clear
I'll state my case, of which I'm certain
I've lived a life that's full
I traveled each and ev'ry highway
And more, much more than this, I did it my way
Regrets, I've had a few
But then again, too few to mention
I did what I had to do and saw it through without exemption
I planned each charted course, each careful step along the
And more, much more than this, I did it my way

Yes, there were times, I'm sure you knew
When I bit off more than I could chew
But through it all, when there was doubt
I ate it up and spit it out
I faced it all and I stood tall and did it my way
I've loved, I've laughed and cried
I've had my fill, my share of losing
And now, as tears subside, I find it all so amusing

To think I did all that
And may I say, not in a shy way,

"Oh, no, oh, no, not me, I did it my way"

For what is a man, what has he got?
If not himself, then he has naught
To say the things he truly feels and not the words of one who kneels
The record shows I took the blows and did it my way!

Yes, it was my way

Me on This Phase of Life

I'm sure these kinds of feelings are not mine alone. I also mentally know that many people may experience the same thing, but may not have these feelings. Feelings of gratitude, exhausted, happy, thrilled, exploded... because of one thing, and one thing only: this very first experience to be with someone who was finishing a thesis. I mean really be there beside him 24-7. Twenty four-Seven!
I still cannot believe it's over. I feel like screaming my heart out, but can't, because he seems like he needs to scream more than I do.
I was there when he felt depressed, I was there when he felt relieved.
I was there watching him felt exhausted, I was there watching him felt too much.
I was glad, when he was. I was sad, when he was.
Yet, I couldn't be selfish and let out those feelings for he wasn't selfish and didn't let out his feelings. Though I know he would give just about anything to be able to show his feelings just once.

Now, it is all over. It is time to wipe out all the screaming inside, and go dancing instead.

Maka sesungguhnya bersama dengan kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan -QS. Al-Insyirah: 5-6-

Yatta!!! (Finally)


Akhirnya, hari ini, jam 2 siang, penantian itu berakhir sudah. Pada pengumuman kelulusan mahasiswa Master jurusan IT universitas Waseda, Papap dinyatakan lulus #:-S. Alhamdulillah [-O<.

Terima kasih teman-teman atas dukungannya. Papap menitipkan rasa terima kasih yang tak terhingga. Dia bilang, dia blum bisa mengetik sendiri karena masih terharu biru... Terharu karena dukungan teman-teman (ya, dia bolak-balik melototin komentar teman-teman semua di blog ini) dan terharu karena akhirnya lulus juga.
Sekali lagi, terima kasih temans! Terima kasih Tuhan!

Mohon Doa Restu

Tidak ada yang merencanakan kawinan dalam waktu dekat. Permohonan doa restu dihaturkan dalam rangka menyambut datangnya waktu sidang-nya Papap besok hari:P.

Mohon doa restu ya. Semoga lancar sidang Papap dan hasilnya tak mengecewakan(*). Amien.

Sekarang ini Papap sedang menceracau tak jelas. Kayaknya sih ngapalin kalimat-kalimat buat presentasi nanti. Tapi kok dari kemarin yang diulang-ulang hanya kalimat, "Good afternoon professors." :-?

Kemarin Babe saya menelpon dari Jakarta. Beliaow rupanya ingin mengecek kesiapan si Papap. Geez, Beh??? b-(. Begini cuplikan dialognya...
Babeh: Gimana kabar suami kamu?
Sayah: Baik. Cuma kehilangan napsu makan, rambut rontok, jidat hampir botak, badan mengurus tapi perut buncit, mata sayu gak bersemangat...
Babeh: Dia stress atau cacingan?
Sayah: :D
Papap, di ujung ruangan: X(

Yooooossssss......... gambare Papap! Break a leg. Any leg except yours and your professor.
Sekali lagi, mohon doa restu ya teman-teman...^:)^

Blogger Templates by Blog Forum